Pemimpin Korea Utara hadiahkan sepasang anjing kepada Presiden Korsel

Seoul (ANTARA News) – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiahkan sepasang anjing Pungsan Korea Utara putih kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, tanda terkini pencairan hubungan kedua negara yang bersaing tersebut.

Moon dan Kim mengadakan pertemuan ketiga mereka pada tahun ini di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, pada pertengahan September, ketika Kim mengusulkan hadiah anjing itu, kata pernyataan kantor Presiden Korea Selatan, Griya Biru, pada Minggu.

Kedua anjing itu melewati daerah bebas tentara, yang dijaga ketat, dan desa gencatan senjata Panmunjom ke Korea Selatan pada Kamis, demikian Reuters melaporkan.

Kim menyeberangi tempat itu untuk pertemuan pertamanya dengan Moon pada April tahun ini.

Trah itu, dinamakan seperti nama daerah di Korea Utara, dikenal setia dan terampil berburu, bahkan harimau. Satwa tersebut ditetapkan sebagai hewan “pusaka alam” Korea Utara.

Baca juga: Dua pemimpin Korea tunjukkan semangat persatuan di puncak Gunung Baekdu

Keduanya akan tinggal dengan Anjing Pertama Korea Selatan, Tori, yang menjadi anjing penampungan pertama tinggal di gugus kepresidenan Korea Selatan.

Moon, yang dikenal sebagai penyayang binatang, memungut trah hitam campuran Tori pada Juli tahun lalu, dua bulan sesudah menjabat.

Itu bukan pertama kali pemimpin Korea Utara mengirim sepasang anjing Pungsan kepada pemimpin Korea Selatan.

Pada 2000, pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un, mengirim dua anjing Pungsan ke Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung ketika mereka mengadakan pertemuan pertama antar-Korea.

Editor: Boyke Soekapdjo/Rahmad Nasution

Pewarta:
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018